BAB 3
Search Engine Optimization (SEO)
Data
yang tersedia di internetsangat banyak dan beragam. Hal yanga dilakukan ini
dilakukan dalam mencari data yang diinginkan yakni dengan menuliskan kata yang
sesuai dengan pencarian di mesin pencarian internet. Mesin ini disebut dengan Search Engine Optimization (SEO. Para
pemasar dapat memaksimalkan mesin pencari ini dengan beberapa strategi dan
teknik optimasi SEO, salah satunya dengan memperbanyak artikel dan pengunjung
dari website pemasar yang telah disediakan. Untuk memahami tentang Search Engine Optimization (SEO),
simaklah materi berikut!
A. Pengertian SEO
Dalam
kegiatan pemasaran online, SEO memiliki peranan penting. Hal ini dikarenakan
SEO dalam dunia bisnis online mampu memperberikan pengaruh yang signifikaan
pada usaha pengembangan bisnis. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO
dan jenis optimasi SEO.
1.
Pengertian SEO menurut para ahli
Di dunia bisnis
yang semakin berkembang saat ini, baik pengusaha skala kecil ataupun besar
masing-masing berlomba untuk menunjukkan ekssistensinya melalui web yang jauh
lebih besar. Oleh karena itu, kehadiran search
engine merupakan salah satu solusi agar websitepara pengusaha tersebut
dapat ditemukan dengan mudah. Lalu, apa itu SEO? Adapun pengertian yang terkait
dengan SEO menurut para ahli, sebagai berikut.
a.
Neil Patel
SEO adalah
sebuah seni untuk memahami search engine
dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki
perangkat lebih tinggi di dalam search
engine.
b.
Danny Sullivan
SEO adalah
seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah infornasi dan memastikan
bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang
disediakan.
c.
Rand Fishkin
SEO adalah
kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh
optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten, penargetan
audiensi, desain, pengembangan situs, penelitian keyword, penempatan keyword,
link buiding, social media marketing dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang
medukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dan search engine.
Adapun
yang dimaksud dengan search engine
optimization, yang biasa sisingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan
pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan
melalui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan
mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan
istilah optimasi SEO. Selain itu, dalam mesin pencari juga terdapat SERP (Search Engine Result Page). SERP (Search Engine Result Page), yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh
search engine sebagai respons
terhadap kata yang diketik pada mesin pencari.
2. Teknik SEO
Dalam
SEO terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi. Di mana kedua jenis teknik SEO, sebagai berikut.
a. Teknik
white hat SEO
Teknik white hat SEO adalah suatu teknik
optimasi SEOyang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi wb atau
blog mereka sengn cara legal dan tidak melanggar kebajikan yang ditetapkan oleh
search engine.
b. Teknik
blak hat SEO
Teknik blak hat SEO adalah suatu teknik
optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web
atau blog mereka dengan cara ilegal yang
melanggar peratuaran dan kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.
B. Jenis Optimasi SEO
Search Engine Optimization (SEO) merupakan
upaya untuk meraih perintah utama di hasil pencarian search engine. Apa yang di maksud dioptimalkan? Website dan
visibilisnya di dunia interne.
Meskipun
SEO merujuk pada frase search engine
optimization, namun sebenarnya yang disesuaikan dan dioptimalkan adalah
websitnya, agar isi dan struktur web seuai dengan kemampuan dan setting algoritma search engine. Di mana dalam SEO ini terdapat dua jenis optimasi.
Kedua optimasi tersebut adalah optimasi SEO on page optimasi SEO off page. Meskipun jenis
optimasinya berbeda, namun tujuannya tetap sama. Tujuan dari dilakukannya
optimasi SEO on page maupun optimasi
SEO
off page , yaitu menempatkan
sebuah situs web atau blog pada posisi teratas
hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian
berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu
yang terbidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak pada car optimasinya.
Berikut penjelasan mengenai
masing-masing optimasi SEO.
1. Optimasi
SEO on page
Tahukan Anda apa itu optimasi SEO on page? Optimasi SEO on page adalah sebuah
optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud dari
dalam bolg itu sendiri. Adapupn jenis optimasi SEO on page, sebagai berikut.
a. Optimasi
SEO on page pada URL
Terkadang bayak
orang yang kurang memahami tentang URL yang baik. Di mana URL yang baik itu
seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
b. Optimasi
SEO on page pada domain
Untuk domain,
jika memang di gunakan sebagai keyword maka diserahkan tanpa menggunakan tanda
pemisah seperti “_”. Misal kata kunci yang ingin dioptimasi adalah “tutorial
bisnis online” maka akan lebih baik membuat domain http://tutorialbisnisonline.com
daripada http://tutorial-toko-online.com.
c. Optimasi
SEO on page pada judul halaman (title page)
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang ditargetkan, karena bagaimanapun judul halaman harusklah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar perkembangan nya teknik dynamic heading, di mana para pembuat blog atau web berupanya agar halaman artikel menanpilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul halaman sangat besar di dalam teknik on page halaman web.
d. Optimasi SEO on page dengan meta description
Meta desciption yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memiliki topik sendiri. Meta description ini harus memerhatikan beberapa hal, yaitu:
1) Panjangnya maksimal 150 karakter.
2) Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali.
3) Mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
e. Optimasi SEO on page pada title tag
Bagian ini pada <head>, dan kodenya adalah:<title>isi dari title tag</title>. Di mana yang terpenting adalah apa saha yang bisa Anda isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Adapun yang perlu diketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sanat tinggi. Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja, atau JUDUL ARTIKEL – NAMA BLOG. Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL, kecuali blog atau web Anda sudah punya reputasi yang sangat baik.
f. Optimasi SEO on page pada gambar
Berhubung Google dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar,maka cara terbaik membritahu Google apa isi gambar adalah menggunakan alt tag.ini termasuk salah satu teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yag paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g. Optimasi SEO on page pada artikel atau berita
Dalam optimasi SEO on page pada artikel atau berita usahakan keyword density (kepadatan kata kunci)tidak kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah menyebarkan keyword tersebut dengan alami sehingga enak dibaca pengunjung.
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang ditargetkan, karena bagaimanapun judul halaman harusklah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar perkembangan nya teknik dynamic heading, di mana para pembuat blog atau web berupanya agar halaman artikel menanpilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul halaman sangat besar di dalam teknik on page halaman web.
d. Optimasi SEO on page dengan meta description
Meta desciption yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memiliki topik sendiri. Meta description ini harus memerhatikan beberapa hal, yaitu:
1) Panjangnya maksimal 150 karakter.
2) Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali.
3) Mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
e. Optimasi SEO on page pada title tag
Bagian ini pada <head>, dan kodenya adalah:<title>isi dari title tag</title>. Di mana yang terpenting adalah apa saha yang bisa Anda isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Adapun yang perlu diketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sanat tinggi. Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja, atau JUDUL ARTIKEL – NAMA BLOG. Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL, kecuali blog atau web Anda sudah punya reputasi yang sangat baik.
f. Optimasi SEO on page pada gambar
Berhubung Google dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar,maka cara terbaik membritahu Google apa isi gambar adalah menggunakan alt tag.ini termasuk salah satu teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yag paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g. Optimasi SEO on page pada artikel atau berita
Dalam optimasi SEO on page pada artikel atau berita usahakan keyword density (kepadatan kata kunci)tidak kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah menyebarkan keyword tersebut dengan alami sehingga enak dibaca pengunjung.
2. Optimasi
SEO off page
Jika optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog, maka optimasi SEO off page dilakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal-hal yang dilakukan di luar halaman web pages demi meningkatan kinerja di search engine berdasarkan target keyword yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya dengan mencari backlink, entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain.
Beberapa contoh SEO off page, yaitu
a. Backlink dari website atau blog lain.
b. Submit site map ke webmaster tools. Google webmaster tool adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para webmaster (pemilik webmaster). Alat ini membantu agar website atau blog isa terpantau dengan maksimal oleh Google, dan disisi lain memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada pemilik.
c. Posting artikel atau berita ke berbagai situs atau forum sosiat bookmarking.
d. Blog walking
e. Ping blog. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepada search engine. Sinyal XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs atau blog tertentu memiliki konten yang baru. “Dari berbagai sumber”, contoh http://pingomatic.com/Seperti yang Anda ketahui, bahwa salah satu contoh SEO off page adalah backlink. Dimana baklink adalah link dari blog atau website Anda. Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan, maka blog Anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine. Adapun untuk memilih backlink perlu diperhatkan beberapa hal. Selain itu membuat backlink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat digunakan.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih backlink, sebagai berikut.
a. Hal-hal yang perlu diperhatikanndalam memilih backlink
Jika optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog, maka optimasi SEO off page dilakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal-hal yang dilakukan di luar halaman web pages demi meningkatan kinerja di search engine berdasarkan target keyword yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya dengan mencari backlink, entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain.
Beberapa contoh SEO off page, yaitu
a. Backlink dari website atau blog lain.
b. Submit site map ke webmaster tools. Google webmaster tool adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para webmaster (pemilik webmaster). Alat ini membantu agar website atau blog isa terpantau dengan maksimal oleh Google, dan disisi lain memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada pemilik.
c. Posting artikel atau berita ke berbagai situs atau forum sosiat bookmarking.
d. Blog walking
e. Ping blog. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepada search engine. Sinyal XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs atau blog tertentu memiliki konten yang baru. “Dari berbagai sumber”, contoh http://pingomatic.com/Seperti yang Anda ketahui, bahwa salah satu contoh SEO off page adalah backlink. Dimana baklink adalah link dari blog atau website Anda. Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan, maka blog Anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine. Adapun untuk memilih backlink perlu diperhatkan beberapa hal. Selain itu membuat backlink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat digunakan.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih backlink, sebagai berikut.
a. Hal-hal yang perlu diperhatikanndalam memilih backlink
1)
Dalam memilih website yang nantinya akan diletakan backlink perlu mempertimbangkan trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, karena jika lebih
rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang
tidak baik.
2)
Carilah website yang dapat merekomendasikan pengunjungnya untuk
mengarahkan ke link perusahaan. Sehingga web perusahaan akan dibanjiri oleh
pengunjung secara instan.
3)
Dalam membuat backlink juga harus
memerhatikan aturan SEO, agar tidak dianggapmelakukan spamming. Karena melakukan spamming
tidak dianjurkan dalam SEO dan tidak disukai oleh Google. Bisa jadi web
perusahaan malah di kick oleh Google
dan hilang dari indeks pencarian.
4)
Buatlah backlink secukupnya
dan hindari menaruh backlink di situs
yang mengandung pornografi dan menyimpang dari SARA.
b.
Metode membuat backlink di blog
atau website
Metode yang dapat digunakan untuk membuat backlink pada blog atau website sebenarnya banyak. Dimana motode
tersebut diantaranya:
1) Blog walking
Blig walking adalah sebuah metode membuat backlink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai blog yang
memounyai trafik tinggi dan berkomentar di posting-an
dengan menaruh URL blog atau web perusahaan disana. Cara ini adalah cara yang
paling mudah dan sering digunakan oleh para blogger.
2) Website submitting
Website submitting adalah metode backlink
dengan melakukan submit web seseorang atau perusahaan ke dalam directory website yang menyediakan jasa web submitting.
3) Social bookmarking
Metode ini dilakukan dengan cara membuat artikel di situs social
bookmarking dan menaruh link disana. Banyak sekali situs social boomarking baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.
Contohnya: reddit.com, infogue.com, delicioun.com, dig.com, twitter.com, dan
lain-lain.
4)
Sosial media
Cara ini dilakukan dengan share
sebuah link social media seperti facebook, gplus. Twitter, Youtube, dan
lain-lain. Adapun yang perlu diingat jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah
banyak, karena bisa dianngap spam, dan justru berpengaruh buruk bagi teknik
SEO.
5)
Bertukar link
Cara ini sering dilakukan oleh para blogger, yaitu dengan bertukar link.
Blog kita mencantumkan URL blog teman begitu juga sebaliknya supaya mdenapatkan
kunjungan balik dari pemilik blog maupun visitor
dari pemilik blog lain.
6)
Web direction
Cara ini dilakukan dengan menaruh URL kita di website ysng menyediakan
web direction. Contohnya Anda bida klik beberapa web yang berada di kanan blog
yang berjudul backlink berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar