Mendistribusikan iklan online
Dalam menyebarluaskan iklan online, Anda dapat menyebarluskannnya dengan gratis atau berbayar. Setiap pilihan tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memasarkan iklan online secara gratis yaitu:
a) Mencari penyedia iklan online gratis.
Contoh penyedia iklan gratis:
Dalam menyebarluaskan iklan online, Anda dapat menyebarluskannnya dengan gratis atau berbayar. Setiap pilihan tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memasarkan iklan online secara gratis yaitu:
a) Mencari penyedia iklan online gratis.
Contoh penyedia iklan gratis:
3.) www.berniaga.com
b) Membuat konten yang
berkualitas dan dicari banyak orang setelah itu lakukan.
1.) Submit artikel ke distributor konten/artikel direktori
2.) Bergabung pada sebuah grup seperti google group atau yahoo groups
3.) Membuat akun di sosial media
4.) Menggunakan social bookmark
5.) Buat channel
6.) Bergabung atau berkomentar di forum-forum
7.) Melakukan blogwalking sesuai artikel yang relevan
Beberapa penyedia iklan yang menawarkan jasa di internet diantaranya adalah:
1. Ad Network
2. Rep Ad Agencies
3. RSS Advert
4. Sponsorship
5. Jaringan dan Bursa iklan
6. Bergabung dengan group buying
7. Memanfaatkan pemasaran afiliasi
8. Menyewa space iklan banner berdasarkan demografis dan kategori.
1.) Submit artikel ke distributor konten/artikel direktori
2.) Bergabung pada sebuah grup seperti google group atau yahoo groups
3.) Membuat akun di sosial media
4.) Menggunakan social bookmark
5.) Buat channel
6.) Bergabung atau berkomentar di forum-forum
7.) Melakukan blogwalking sesuai artikel yang relevan
Beberapa penyedia iklan yang menawarkan jasa di internet diantaranya adalah:
1. Ad Network
2. Rep Ad Agencies
3. RSS Advert
4. Sponsorship
5. Jaringan dan Bursa iklan
6. Bergabung dengan group buying
7. Memanfaatkan pemasaran afiliasi
8. Menyewa space iklan banner berdasarkan demografis dan kategori.
Model Pembayaran Iklan Online
Pembayaran iklan online merupakan salah satu
cara agar pendistribusian iklan berjalan secara efektif. Iklan terdistribusi
dengan baik membutuhkan metode pembayaran yang berbeda-beda antara satu iklan
dengan iklan yang lain. Sebagai contoh ada iklan yang dibayar setelah terdapat
pengunjung didalamnya (Pay Per Click) namun ada iklan yang hanya dibayar bila
ada penjualan yang dihasilkan atau fee pembayaran dari setiap pembelian sebuah
produk.
Karakteristik yang berbeda ini dipadukan
dalam sebuah model pembayaran iklan online, Dibawah ini adalah model pembayaran
iklan online :
Pay Per Impression
Pengiklan ini harus membayar setiap kali
iklan tampil pada halaman web penyedia iklan. Cara yang paling umum untuk model
ini adalah CPM (Cost Per Mill) atau biaya per seribu tayangan (cost per
seribu). Berapa website memberlakukan iklan jenis ini dimana iklan hanya akan
dibayar jika mencapai batas hitungan misalnya seribu klik atau per mill. Hal
ini bertujuan untuk menarik para advertiser/pengiklan agar mau memasangkan
iklan nya pada website publisher.
CPM merupakan bentuk penyebaran yang
menguntungkan penyedia iklan, biasanya website dengan triffic tinggi. Contoh :
portal web seperti www.msn.com , website berita seperti republika.co.id atau
detik.com masuk dalam kategori model pembayaran iklan menggunakan pay per
impression.
Pay Per Click
Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali
pengunjung mengklik pesan mereka (cost per click). Iklan PPC biasanya berkaitan
dengan pemasaran pencarian berbayar, dimana bila sebuah publisher mendapatkan
pengunjung baru setiap perpengunjung itulah yang menjadi tarif yang di tetapkan
. bila kita mempunyai website yang baru dibuat tentu kita membutuhkan banyak
penunjung, cara yang paling efektif agar pengunjung dapat datang sesuai dengan
kategori yang telah kita tentukan adalah dengan menggunakan moder periklanan
pay per click seperti pada google adsword. Periklanan menggunakan google
adsword sendiri mentarifkan sebuah iklan berdasarkan berapa banyak pengunjung
yang dihasilkan.
Pay Per Action
Pengiklan harus membayar untuk iklan mereka
bila pengunjung telah melakukan tindakan yang diinginkan (cost per action)
misalnya, pembelian atau pengiriman formulir(konsumen mengisi formulir). Metode
pembayaran ini adalah cara terbaik untuk pengiklan karena mereka hanya membayar
bila iklan telah memenuhi tujuannya. Setiap aksi yang dilakukan oleh konsumen
seperti mengisi biodata, atau mengisi alamat email baru sebuah iklan akan
dikenakan tarif, namun bila pengunjung hanya akan melihat-lihat saja tarif
tidak akan dikenakan pada pengiklan.
Pay Per Sale
Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai
dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui link
ditampilkan affiliator. Metode affiliasi ini adalah dimana perusahaan membuka
jalan seseorang untuk memberikan link agar menarik pembeli, setiap pembelian
yang dilakukan akan mengarah pada kode referral (kode unik pengiklan ) dimana
setiap pembelian yang terjadi, orang yang memiliki kode referral tersebut akan
mendapatkan fee/ komisi dari penjualan yang dihasilkan. Bagi beberapa orang
yang menggeluti dunia online marketing maka akan memanfaatkan model periklanan
seperti ini, sebab orang yang mengikuti model periklanan ini tidak dibutuhkan
modal yang besar seperti membayar biaya registrasi dan sebagainya, cukup
memiliki akses internet untuk melakukan pemasaran. Contoh perusahaan yang
menerapkan model periklanan ini adalah perusahaan e-commerce seperti
amazon.com, lazada.co.id, dan alibaba.com
Pay Per Lead
Model pembayaran ini memberikan komisi
berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi form (isian), survey, atau sign up
untuk menjadi member pada website pemilik program affiliate. Pengenaan tarif
pada iklan ini dikhususkan pada membership bagi setiap pendapatan iklan. Bila
kita banyak berselancar pada sebuah website akan ada ajakan untuk mengikuti
sebuah website bahkan mendaftar sebuah website, bila menemukan hal tersebut
kita telah diarahkan untuk menjadi konsumen yang akan menjadi pendapatan bagi
penyedia iklan. Cara ini juga dianggap menarik untuk para publisher atau orang
yang menyebarkan sebuah iklan untuk mendapatkan penghasilan. Contoh dari model
iklan online ini adalah http://www.shareasale.com/
Pay Per Download
Model pembayaran ini memberikan komisi
berdasarkan orang yang mendownload file atau produk yang ditawarkan
penyelenggara affiliate. Dalam menggambarkan model periklanan ini, mari kita
jawab pertanyaan ini. Apakah anda pernah mendownload sebuah aplikasi atau
software, apakah anda harus membayar ketika mendownload software tersebut? Lalu
mengapa mereka memberikannya secara gratis?. Jawabannya tentu mereka memberikan
software atau aplikasi tersebut tidak secara Cuma-Cuma, para pemberi software
tersebut berharap mendapatkan mendapatkan uang dari setiap downloadan.
Pendapatannya bisa didapatkan dari sebuah iklan yang muncul sebelum mendownload
atau dari iklan pop up.
Pay Per Play
Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai
dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh
affiliator. Bila kita pernah membuka website kemudian ada sebuah video ataupun
audio yang muncul, kemungkinan itu adalah model periklanan pay per play. Saat
ini yang sering kita temui untuk iklan jenis ini adalah youtube.com dimana kita
akan diarahkan menonton sebuah iklan sebelum menyaksikan sebuah video, bila
kita membiarkan iklan itu tampil maka youtube secara otomatis mengenakan tarif.
Pay Per Read
Model pembayaran Pay Per Read ini komisi
diberikan bila anda sendiri mengklik/membaca iklan yang disodorkan dan diatur
dalam durasi tertentu. Beberapa jurnal yang dibaca mengatur model periklan
seperti ini. Bila dokumen dirasa penting dan berharga maka pemilik website
dapat mengatur agar setiap pembacanya dikenakan tarif, selain itu juga terdapat
website yang mengatur pembacanya akan mendapatkan komisi dari informasi yang
dibacanya. Kedua hal ini masuk dalam model pay per read, Misalnya www.elecbook.com.
Cost Per Interaction
Dengan model ini, pengiklan membayar untuk
iklan rollover ( iklan yang muncul setiap melakukan scroll), biasanya
ditempatkan dalam video atau aplikasi (seperti aplikasi Facebook) , dan
berdasarkan interaksi dengan iklan itu. Sebuah iklan dapat berisi video,
permainan, atau konten kaya lainnya. Hal ini terjadi tanpa harus pengguna
Internet pergi dari halaman web, dan pemasar hanya membayar bila seseorang
menyelesaikan tindakan.
Flat Rate atau Sponsorships
Pemilik website yang memiliki lalu lintas
rendah, kadang-kadang memilih untuk menjual ruang banner dengan biaya tetap per
bulan(flat rate), tanpa memperdulikan jumlah iklan di klik atau jumlah iklan
tayang. Contohnya iklan eksklusif di semua halaman dan slot tertentu halaman
website, buletin, bagian, dan mensponsori konten. Sponsorship berarti bahwa
tidak ada pengiklan lain yang akan muncul di bagian tersebut. Biasanya iklan
seperti akan muncul pada header sebuah website atau blog. Sponsor seringkali sulit
untuk diukur dan sebagian besar digunakan untuk meningkatkan brand atau
kesadaraan terhadap suatu merek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar