IKLAN ONLINE


1.      Iklan online adalah Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan web (World Wide Web) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

2.      Manfaat iklan bagi Produsen
ü  Meningkatkan volume penjualan dengan menciptakan ketertarikan terhadap produk.
ü  Membantu pengenalan produk baru dengan mudah ke pasar oleh produsen yang sama.
ü  Membantu menciptakan citra dan reputasi tidak hanya dari produk tetapi juga dari produsen atau pengiklan. Harga eceran, pemeliharaan juga dimungkinkan oleh iklan di mana daya tarik harga adalah strategi promosi.
ü  Hal ini membantu untuk membangun kontak langsung antara produsen dan konsumen.
ü  Memperlancar permintaan produk. Menghemat produk dari fluktuasi musiman dengan menemukan penggunaan produk baru dan baru.
ü  Menciptakan pasar yang sangat responsif dan dengan demikian mempercepat perputaran yang menghasilkan inventaris lebih rendah.
ü  Biaya penjualan per unit berkurang karena peningkatan volume penjualan. Akibatnya, kelebihan produk akan berkurang karena produksi massal dan penjualan.
ü  Iklan memberi karyawan perasaan bangga dalam pekerjaan mereka dan berada dalam pelayanan yang penuh perhatian itu. Sehingga menginspirasi para eksekutif dan pekerja untuk meningkatkan efisiensi mereka.
ü  Iklan diperlukan untuk memenuhi persaingan di pasar dan untuk bertahan hidup.
Manfaat iklan untuk Pedagang dan Pengecer
·       Mudahnya penjualan produk dimungkinkan karena konsumen sadar akan produk dan kualitasnya.
·       Meningkatkan tingkat perputaran saham karena permintaan sudah dibuat oleh iklan.
·       Melengkapi aktivitas penjualan.
·       Meningkatkan reputasi pedagang dan pengecer karena mereka tidak perlu menghabiskan apa pun untuk iklan produk yang sudah diiklankan dengan baik.
·       Memastikan penjualan lebih ekonomis karena penjualan overhead berkurang.
·       Memungkinkan mereka untuk memiliki informasi produk.
Manfaat iklan untuk Konsumen
Ø Iklan menekankan kualitas dan sangat sering harga. Ini merupakan jaminan tidak langsung kepada konsumen atas kualitas dan harga. Produksi skala besar lebih lanjut yang diasumsikan oleh iklan memungkinkan penjual ke produk penjual dengan biaya lebih rendah.
Ø Iklan membantu menghilangkan perantara dengan membangun kontak langsung antara produsen dan konsumen. Hal ini menghasilkan barang yang lebih murah.
Ø Membantu mereka mengetahui di mana dan kapan produk tersebut tersedia. Ini mengurangi waktu belanja mereka.
Ø Memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk membandingkan manfaat dan kerugian berbagai produk pengganti.
Ø Barangkali satu-satunya medium di mana konsumen dapat mengetahui beragam dan penggunaan baru dari produk tersebut.
Ø Iklan modern sangat informatif.
Manfaat iklan untuk Salesman
Persenjataan salesman tidak lengkap tanpa iklan. Disinilah iklan berfungsi sebagai cikal bakal seorang salesman dalam menjual  barang.
Penjualan salesman yang menguntungkan dengan iklan dengan cara berikut:
v Memperkenalkan produk menjadi sangat mudah dan nyaman karena produsen telah mengiklankan barang yang menginformasikan konsumen tentang produk dan kualitasnya.
v Iklan menyiapkan lahan yang diperlukan bagi seorang penjual untuk memulai karyanya secara efektif. Oleh karena itu upaya penjualan berkurang.
v Penjual dapat menimbang efektivitas iklan ketika dia melakukan kontak langsung dengan konsumen.


4.      



5.      Beberapa keunggulan dibanding iklan offline, antara lain sebagai berikut:
Iklan online
v Waktu: Selama kontrak, bisa dibaca berkali-kali, pembacanya tersebar seluruh dunia, tidak terbatas oplah.
v Pembaca: Dalam waktu yang sama, bisa dibaca ratusan, bahkan puluhan ribu orang. Tidak mustahil mencapai jutaan.
v Biaya: Relatif lebih murah. Bahkan banyak yang menawarkannya secara gratis. Pembayaran sekali pasang untuk sejumlah klik/hitlead atau impression yang lebih mudah dimonitor secara terukur, bahkan secara real time, meskipun tiap klik/hitlead atau impression tidak mesti membawa pembaca untuk membeli (konversi penjualan). Dengan biaya yang dikeluarkan untuk iklan di media cetak, dapat digunakan untuk mencapai pembaca online yang lebih luas, di berbagai belahan dunia.
Iklan offline (khususnys media cetak)
§  Waktu: Koran, satu hari; Majalah, seminggu, sebulan, triwulan. Jumlah pembaca terbatas pada oplah.
§  Pembaca: Dalam waktu yang sama, maximal 2 (dua) sampai 4 (empat) orang dikalikan jumlah oplah.
§  Biaya: Relatif Lebih mahal. Pembayaran atas dasar frekuensi pemasangan (lebih sukar memonitor jumlah orang yang melihatnya serta “pengaruhnya”). Yang membaca atau melihatnya juga belum tentu menghasilkan penjualan.
6.      Letak iklan paling strategis sebagai berikut.
a)    Letak iklan adsense di bawah judul artikel
b)   Iklan ada di bagian tengah artikel
c)    iklan adsense ada di bagian ending sebuah artikel
Dari ketiga letak diatas yang mana yang paling bagus ?, masih dari pengalaman saya, semua letak iklan adsense seperti yang saya utarakan diatas semuanya penting dan menjadi menu wajib padda setiap artikel. lalu bagaimana denga letak iklan adsense pada sisi samping kanan kiri ( side bar ) situs apakah juga strategis ?, bisa iya bisa tidak. Namun pengalaman saya sendiri letak iklan di bagian side bar kurang 'mengena'.

7.      Keunggulan ROI (Return On Investment)
v  Pengukur prestasi yang komprehensif. Yaitu yg sensitive terhadap setiap pengaruh yang mempengaruhi keadaan keuangan perusahaan
v  Dapat membandingkan prestasi antar divisi. Jadi dengan adanya penilaian ROI ini, prestasi antar
v  divisi dalam perusahaan dapat di lihat berdasarkan hasil dari penilaian ROI tersebut. 
v  Mendorong terciptanya keselarasan tujuan. yaitu yang dimaksud adalah tujuan divisi dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan. 

8.      Promosi offline dan online ini memiliki perbedaann-perbedaan lain, diantaranya yaitu:           
a.    Yang pertama dari segi manfaatnya. Pada promosi online ini produsen lebih mudah untuk mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan yang jauh, dan mengurangi biaya untuk mengunjungi langsung konsumennya, serta konsumen dapat membeli produk atau jasa secara online tanpa repot datang ke tokonya. Sedangkan pada promosi secara offline, dengan terjadi transaksi secara langsung dimana produsen dan konsumen bertemu akan membuat konsumen lebih yakin untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
b.    Perbedaan dari segi biaya pemasaran. Promosi online lebih murah dari biaya promosi offline, karena hanya dengan membuat situs sendiri atau menyebarkan di situs-situs atau social media yang sudah ada, sedangkan pada pemasaran offline perlu dilakukan percetakan dan memperbanyak brosur, iklan dan juga butuh tenaga untuk menyebarkannya.
c.    Dari segi luasnya pemasaran, promosi online memiliki lokasi pemasaran yang lebih luas, tanpa batas wilayah karena setiap orang yang mempunyai internet bisa mengaksesnya.
d.    Dari segi tingkat kepercayaan konsumen, promosi offline terlihat lebih meyakinkan karena konsumen dapat bertemu langsung dengan orang yang menawarkan produknya.
Dari perbedaan-perbedaan tersebut dapat dilihat adanya kelebihan dan kekurangan pada promosi offline maupun online. Apabila kita ingin mengadakan usaha, kita bisa memilih diantara  dua promosi tersebut dengan berpandai-pandai dalam menggunakannya dan dibuat pemasarannya semenarik mungkin, dan juga disarankan lebih baik menggunakan kedua cara cara tersebut karena akan lebih meyakinkan dan untuk membangun kepercayaan dari konsumen yang dekat sehingga konsumen yang jauh pun juga lebih percaya dengan produk-produk kita.

9.      Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara singkat afiliasi adalah pertalian sebagai anggota atau cabang. Dalam hal bisnis, arti afiliasi mengacu pada terjadinya kerja sama antara dua pihak secara tidak terikat dengan keuntungan berupa komisi.
Contoh



10.    ROI = Rp15.000.000 – Rp10.000.000
           Rp10.000.000 x 100%
        = 50%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2 MAKANAN KHAS MEDAN DAN TEMPAT PALING ASYIK UNTUK MENIKMATINYA Medan selalu menawarkan keistimewaan tersendiri, mulai dari tempat w...