IKLAN ONLINE
1.
Iklan online adalah Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan web (World Wide Web) dengan
tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.
2.
Manfaat iklan bagi Produsen
ü
Meningkatkan
volume penjualan dengan menciptakan ketertarikan terhadap produk.
ü
Membantu
pengenalan produk baru dengan mudah ke pasar oleh produsen yang sama.
ü
Membantu
menciptakan citra dan reputasi tidak hanya dari produk tetapi juga dari produsen
atau pengiklan. Harga eceran, pemeliharaan juga dimungkinkan oleh iklan di mana
daya tarik harga adalah strategi promosi.
ü
Hal
ini membantu untuk membangun kontak langsung antara produsen dan konsumen.
ü
Memperlancar
permintaan produk. Menghemat produk dari fluktuasi musiman dengan menemukan
penggunaan produk baru dan baru.
ü
Menciptakan
pasar yang sangat responsif dan dengan demikian mempercepat perputaran yang
menghasilkan inventaris lebih rendah.
ü
Biaya
penjualan per unit berkurang karena peningkatan volume penjualan. Akibatnya,
kelebihan produk akan berkurang karena produksi massal dan penjualan.
ü
Iklan
memberi karyawan perasaan bangga dalam pekerjaan mereka dan berada dalam
pelayanan yang penuh perhatian itu. Sehingga menginspirasi para eksekutif dan
pekerja untuk meningkatkan efisiensi mereka.
ü
Iklan
diperlukan untuk memenuhi persaingan di pasar dan untuk bertahan hidup.
Manfaat iklan untuk
Pedagang dan Pengecer
·
Mudahnya
penjualan produk dimungkinkan karena konsumen sadar akan produk dan
kualitasnya.
·
Meningkatkan
tingkat perputaran saham karena permintaan sudah dibuat oleh iklan.
·
Melengkapi
aktivitas penjualan.
·
Meningkatkan
reputasi pedagang dan pengecer karena mereka tidak perlu menghabiskan apa pun
untuk iklan produk yang sudah diiklankan dengan baik.
·
Memastikan
penjualan lebih ekonomis karena penjualan overhead berkurang.
·
Memungkinkan
mereka untuk memiliki informasi produk.
Manfaat iklan untuk
Konsumen
Ø
Iklan
menekankan kualitas dan sangat sering harga. Ini merupakan jaminan tidak
langsung kepada konsumen atas kualitas dan harga. Produksi skala besar lebih
lanjut yang diasumsikan oleh iklan memungkinkan penjual ke produk penjual
dengan biaya lebih rendah.
Ø
Iklan
membantu menghilangkan perantara dengan membangun kontak langsung antara
produsen dan konsumen. Hal ini menghasilkan barang yang lebih murah.
Ø
Membantu
mereka mengetahui di mana dan kapan produk tersebut tersedia. Ini mengurangi
waktu belanja mereka.
Ø
Memberikan
kesempatan kepada pelanggan untuk membandingkan manfaat dan kerugian berbagai
produk pengganti.
Ø
Barangkali
satu-satunya medium di mana konsumen dapat mengetahui beragam dan penggunaan
baru dari produk tersebut.
Ø
Iklan
modern sangat informatif.
Manfaat iklan untuk
Salesman
Persenjataan salesman tidak lengkap
tanpa iklan. Disinilah iklan berfungsi sebagai cikal bakal seorang salesman
dalam menjual barang.
Penjualan salesman yang menguntungkan
dengan iklan dengan cara berikut:
v
Memperkenalkan
produk menjadi sangat mudah dan nyaman karena produsen telah mengiklankan
barang yang menginformasikan konsumen tentang produk dan kualitasnya.
v
Iklan
menyiapkan lahan yang diperlukan bagi seorang penjual untuk memulai karyanya
secara efektif. Oleh karena itu upaya penjualan berkurang.
v
Penjual
dapat menimbang efektivitas iklan ketika dia melakukan kontak langsung dengan
konsumen.
5.
Beberapa keunggulan dibanding iklan offline, antara lain sebagai berikut:
Iklan online
v
Waktu: Selama kontrak, bisa dibaca berkali-kali, pembacanya tersebar
seluruh dunia, tidak terbatas oplah.
v
Pembaca: Dalam waktu yang sama, bisa dibaca ratusan, bahkan puluhan ribu
orang. Tidak mustahil mencapai jutaan.
v
Biaya: Relatif lebih murah. Bahkan banyak yang menawarkannya secara
gratis. Pembayaran sekali pasang untuk sejumlah klik/hit, lead atau impression yang lebih mudah
dimonitor secara terukur, bahkan secara real time, meskipun tiap klik/hit, lead atau impression tidak mesti membawa
pembaca untuk membeli (konversi penjualan). Dengan biaya yang dikeluarkan untuk
iklan di media cetak, dapat digunakan untuk mencapai pembaca online yang lebih luas, di
berbagai belahan dunia.
Iklan offline (khususnys media cetak)
§
Waktu: Koran, satu hari; Majalah, seminggu, sebulan, triwulan. Jumlah
pembaca terbatas pada oplah.
§
Pembaca: Dalam waktu yang sama, maximal 2 (dua) sampai 4 (empat) orang
dikalikan jumlah oplah.
§
Biaya: Relatif Lebih mahal. Pembayaran atas dasar frekuensi pemasangan
(lebih sukar memonitor jumlah orang yang melihatnya serta “pengaruhnya”). Yang
membaca atau melihatnya juga belum tentu menghasilkan penjualan.
6. Letak iklan paling strategis sebagai berikut.
a) Letak iklan adsense di bawah judul artikel
b) Iklan ada di bagian tengah artikel
c) iklan adsense ada di bagian ending sebuah artikel
Dari ketiga letak diatas
yang mana yang paling bagus ?, masih dari pengalaman saya, semua letak iklan
adsense seperti yang saya utarakan diatas semuanya penting dan menjadi menu
wajib padda setiap artikel. lalu bagaimana denga letak iklan adsense pada sisi
samping kanan kiri ( side bar ) situs apakah juga strategis ?, bisa iya bisa
tidak. Namun pengalaman saya sendiri letak iklan di bagian side bar kurang
'mengena'.
7.
Keunggulan ROI
(Return On Investment)
v Pengukur prestasi yang komprehensif. Yaitu yg sensitive terhadap setiap
pengaruh yang mempengaruhi keadaan keuangan perusahaan
v Dapat membandingkan prestasi antar divisi. Jadi dengan adanya penilaian
ROI ini, prestasi antar
v divisi dalam perusahaan dapat di lihat berdasarkan hasil dari penilaian
ROI tersebut.
v Mendorong terciptanya keselarasan tujuan. yaitu yang dimaksud adalah
tujuan divisi dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
8.
Promosi offline dan online ini memiliki
perbedaann-perbedaan lain, diantaranya
yaitu:
a.
Yang pertama dari segi manfaatnya. Pada
promosi online ini produsen lebih mudah untuk mempromosikan produk dan jasa
kepada pelanggan yang jauh, dan mengurangi biaya untuk mengunjungi langsung
konsumennya, serta konsumen dapat membeli produk atau jasa secara online tanpa
repot datang ke tokonya. Sedangkan pada promosi secara offline, dengan terjadi
transaksi secara langsung dimana produsen dan konsumen bertemu akan membuat
konsumen lebih yakin untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
b.
Perbedaan dari segi biaya pemasaran. Promosi
online lebih murah dari biaya promosi offline, karena hanya dengan membuat
situs sendiri atau menyebarkan di situs-situs atau social media yang sudah ada,
sedangkan pada pemasaran offline perlu dilakukan percetakan dan memperbanyak
brosur, iklan dan juga butuh tenaga untuk menyebarkannya.
c.
Dari segi luasnya pemasaran, promosi online
memiliki lokasi pemasaran yang lebih luas, tanpa batas wilayah karena setiap
orang yang mempunyai internet bisa mengaksesnya.
d.
Dari segi tingkat kepercayaan konsumen,
promosi offline terlihat lebih meyakinkan karena konsumen dapat bertemu
langsung dengan orang yang menawarkan produknya.
Dari perbedaan-perbedaan tersebut dapat
dilihat adanya kelebihan dan kekurangan pada promosi offline maupun online.
Apabila kita ingin mengadakan usaha, kita bisa memilih diantara dua
promosi tersebut dengan berpandai-pandai dalam menggunakannya dan dibuat
pemasarannya semenarik mungkin, dan juga disarankan lebih baik menggunakan
kedua cara cara tersebut karena akan lebih meyakinkan dan untuk membangun
kepercayaan dari konsumen yang dekat sehingga konsumen yang jauh pun juga lebih
percaya dengan produk-produk kita.
9. Berdasarkan
pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara singkat afiliasi adalah
pertalian sebagai anggota atau cabang. Dalam hal bisnis, arti afiliasi mengacu
pada terjadinya kerja sama antara dua pihak secara tidak terikat dengan
keuntungan berupa komisi.
Contoh
10. ROI = Rp15.000.000 – Rp10.000.000
Rp10.000.000 x 100%
= 50%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar