Tugas-Tugas    Konsep Pemasarann Online

KONSEP PEMASARAN ONLINE
           

      Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet, sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website atau aplikasi. Adapun komponen-komponen dalam bisnis online antara lain :
a. Content Marketing
b. Seach Engine Marketing 
c. E-mail Marketing
d. Online Public Relation
e. Social Media Marketing
f. Online Advertising
g. Website
h. Conversion.


Berikut adalah kelebihan adanya bisnis online
a.    Organiasasi lebih mudah dan sederhana
b.    Tidak terbatas ruang dan waktu
c.    Kemudahan memilih target pasar
d.   Kemudahan mengolah barang
e.    Pelayanan lebih focus
f.     Riset pasar lebih mudah

g.    Biaya pemasaran murah

Adapun kelemahan dalam pemasaran online, sebagai berikut
a.    Biaya awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi
b.    Masih banyak pada pelanggan yang enggan untuk membeli secara online
c.    Banyak para pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet
d.   Adanya aturan perubahan pedagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online
e.    Kerentanan terhadap kegiatan penipuan
f.     Pemasaran online tidak membangun hubungan secara langsung saat pelanggan membeli produk
g.  Pemasaran online sangat bergantung pada teknologi sehingga sangat rentan terhadap kesalahan teknis

  Adapun manfaat dari bisnis online, sebagai berikut
a.    Melakukan perubahan dengan cepat
b.    Menentukan sasaran demografis tertentu
c.    Banyak media pilihan
d.   Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
e.    Kemampuan konversi instan.

Perbedan bisnis online dan bisnis offline
Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet,
sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website atau
aplikasi. Sedangkan Bisnis Offline adalah bisnis yang dijalankan secara langsung tanpa
menggunakan tanpa menggunakan media internet. Biasanya produk maupun jasa diperlihatkan secara
tatap muka. 


Cara Kerja Pemasaran Online
1. Awareness (Kesadaran) Pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online.
2. Interest (Ketertarikan) Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Konsumen akan mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (misalnya : Google atau Yahoo! dan jejaring sosial seperti: Facebook, dan Twitter).
3. Desire (Keinginan) Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa, dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa tersebut melalui website.

4.   Action (Tindakan) Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2 MAKANAN KHAS MEDAN DAN TEMPAT PALING ASYIK UNTUK MENIKMATINYA Medan selalu menawarkan keistimewaan tersendiri, mulai dari tempat w...