KONSEP PEMASARAN ONLINE
Bisnis online adalah bisnis yang
dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet, sedangkan
informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website
atau aplikasi. Adapun komponen-komponen dalam bisnis online antara lain :
a. Content Marketing
b. Seach Engine Marketing
c. E-mail Marketing
d. Online Public Relation
e. Social Media Marketing
f. Online Advertising
g. Website
h. Conversion.
Berikut adalah
kelebihan adanya bisnis online
a.
Organiasasi
lebih mudah dan sederhana
b.
Tidak
terbatas ruang dan waktu
c.
Kemudahan
memilih target pasar
d.
Kemudahan
mengolah barang
e.
Pelayanan
lebih focus
f.
Riset
pasar lebih mudah
g.
Biaya
pemasaran murah
Adapun kelemahan
dalam pemasaran online, sebagai berikut
a.
Biaya
awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi
b.
Masih
banyak pada pelanggan yang enggan untuk membeli secara online
c.
Banyak
para pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet
d.
Adanya
aturan perubahan pedagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online
e.
Kerentanan
terhadap kegiatan penipuan
f.
Pemasaran
online tidak membangun hubungan secara langsung saat pelanggan membeli produk
g. Pemasaran
online sangat bergantung pada teknologi sehingga sangat rentan terhadap
kesalahan teknis
Adapun manfaat
dari bisnis online, sebagai berikut
a.
Melakukan
perubahan dengan cepat
b.
Menentukan
sasaran demografis tertentu
c.
Banyak
media pilihan
d.
Penghubung
yang efektif antara pemasar dengan konsumen
e.
Kemampuan
konversi instan.
Perbedan bisnis online dan bisnis offline
Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan
secara online dengan menggunakan jaringan internet,
sedangkan informasi yang
akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website atau
aplikasi. Sedangkan Bisnis Offline adalah bisnis yang dijalankan secara langsung tanpa
menggunakan tanpa menggunakan media internet. Biasanya produk maupun jasa diperlihatkan secara
tatap muka.
Cara
Kerja Pemasaran Online
1. Awareness
(Kesadaran) Pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih
dahulu di media online.
2. Interest
(Ketertarikan) Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen.
Konsumen akan mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (misalnya :
Google atau Yahoo! dan jejaring sosial seperti: Facebook, dan Twitter).
3. Desire
(Keinginan) Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba
produk atau jasa, dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa
tersebut melalui website.
4. Action
(Tindakan) Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk
atau jasa.
a. Content Marketing
b. Seach Engine Marketing
c. E-mail Marketing
d. Online Public Relation
e. Social Media Marketing
f. Online Advertising
g. Website
h. Conversion.
Berikut adalah
kelebihan adanya bisnis online
a.
Organiasasi
lebih mudah dan sederhana
b.
Tidak
terbatas ruang dan waktu
c.
Kemudahan
memilih target pasar
d.
Kemudahan
mengolah barang
e.
Pelayanan
lebih focus
f.
Riset
pasar lebih mudah
g.
Biaya
pemasaran murah
Adapun kelemahan
dalam pemasaran online, sebagai berikut
a.
Biaya
awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi
b.
Masih
banyak pada pelanggan yang enggan untuk membeli secara online
c.
Banyak
para pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet
d.
Adanya
aturan perubahan pedagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online
e.
Kerentanan
terhadap kegiatan penipuan
f.
Pemasaran
online tidak membangun hubungan secara langsung saat pelanggan membeli produk
g. Pemasaran
online sangat bergantung pada teknologi sehingga sangat rentan terhadap
kesalahan teknis
a.
Melakukan
perubahan dengan cepat
b.
Menentukan
sasaran demografis tertentu
c.
Banyak
media pilihan
d.
Penghubung
yang efektif antara pemasar dengan konsumen
e.
Kemampuan
konversi instan.
Perbedan bisnis online dan bisnis offline
Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet,
sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website atau
aplikasi. Sedangkan Bisnis Offline adalah bisnis yang dijalankan secara langsung tanpa
menggunakan tanpa menggunakan media internet. Biasanya produk maupun jasa diperlihatkan secara
tatap muka.
Perbedan bisnis online dan bisnis offline
Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet,
sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website atau
aplikasi. Sedangkan Bisnis Offline adalah bisnis yang dijalankan secara langsung tanpa
menggunakan tanpa menggunakan media internet. Biasanya produk maupun jasa diperlihatkan secara
tatap muka.
Cara
Kerja Pemasaran Online
1. Awareness
(Kesadaran) Pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih
dahulu di media online.
2. Interest
(Ketertarikan) Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen.
Konsumen akan mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (misalnya :
Google atau Yahoo! dan jejaring sosial seperti: Facebook, dan Twitter).
3. Desire
(Keinginan) Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba
produk atau jasa, dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa
tersebut melalui website.
4. Action
(Tindakan) Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk
atau jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar