Pengertian SEO
a.      Neil Patel
SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki perangkat lebih tinggi di dalam search engine.
b.     Danny Sullivan
SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah infornasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
c.      Rand Fishkin
SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten, penargetan audiensi, desain, pengembangan situs, penelitian keyword, penempatankeyword, link buiding, social media marketing dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang medukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dan search engine.

Adapun yang dimaksud dengan search engine optimization, yang biasa sisingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO. Selain itu, dalam mesin pencari juga terdapat SERP (Search Engine Result Page). SERP (Search Engine Result Page),  yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang diketik pada mesin pencari.

Cara Kerja SEO
a.  Crawling (perayapan)
Crawling adalah proses Googlebot (dapat juga disebut sebagai robot, bot
spider, spiderbot) mencari halaman-halaman baru atau yang diperbaharui
untuk ditambahkan ke dalam indeks google. Google menggunakan beberapa set komputer untuk mengambil miliaran halaman web.
b. Proses Pengindeksan(Indexing)
Googlebot kemudian memproses masing-masing halaman yang ditelusurinya untuk mengumpulkan seluruh kata yang dibaca dan lokasi yang ditemukan kedalam sebuah indeks besar. Selain teks atau kata, Google juga memproses segala informasi atau tipe konten yang terdapat pada halaman web, baik dalam bentuk tag-tag script seperti: p (paragraph), a (link), head, body, meta, title serta atribut alt, rel, href, dan lain-lain. Namun Googlebot tidak dapat membaca dan memproses tipe file rich content seperti flash atau frame dan halaman-halaman dinamis.
c. Serving/Delevering (Menampilkan Hasil Pencarian)
Ketika pengguna mesin pencari Google mengetikkan kata kunci tertentu di
kotak pencarian (menuliskan query), mesin pencari akan mencari konten
ke dalam indeks dan kemudian menampilkannya sebagai daftar hasil
pencarian. Hasil pencarian tersebut dapat dipercaya Google sebagai hasil
yang paling relevan bagi pengguna. Semakin besar daftar nomor urutan
(semakin kebawah) semakin kecil nilai relevansinya. Tentu relevansi tidak
hanya didasarkan pada kata kunci, tapi juga terdapat faktor lain salah
satunya adalah PageRank. PageRank ini berkaitan dengan SERP yang
selalu berubah setiap harinya, bahkan setiap jam. Selain PageRank faktor
lain yang sangat berpengaruh diantaranya; struktur/navigasi web, isi
web(konten), popularitas web/link, dan lain-lain.
Untuk mendapatkan ranking pencarian yang baik Anda harus
memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan website terlebih dahlulu
atau menjadi prinsip dasar SEO, yaitu memastikan bahwa Googlebot dapat
menelusuri seluruh konten halaman webiste dengan baik, yang semuanya
berkaitan dengan onpage SEO, misalnya penggunaan sitemap xml,
sitemap HTML, menyusun strukur web yang komprehensif, penggunaan
meta description dan title serta kualitas konten yang baik.

Strategi Membuat SEO

Dalam membuat SEO Anda harus memilihlah kata kunci yang tepat. Langkah
ini sangat penting dalam SEO. Temukan kata kunci yang populer dan katakata
yang berhubungan dengan bisnis kita. Lalu cari tahu popularitas, padu
padan dan pesaing dari setiap kata kunci tersebut. Kata kunci yang cukup
popular dan sedikit pesaing dapat dipilih sebagai kata kunci andalan. Ada
beberapa alat SEO di Internet yang dapat membantu kita, seperti Wordtracker
dan Yahoo. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kata
kunci yang tepat.
a.  Mengoptimalkan taktor-faktor pendukung lainnya. Setelah selesai
menganalisa dan memilih kata kunci yang paling tepat, selanjutnya
mengoptimalkan faktor-faktor pendukung lainnya, seperti title tags,
description tags, meta keywords tags, heading text, link URL, link text,
image alt, comment dan halaman web text body (tidak disembunyikan
dalam teks HTML). Sebaiknya sesuaikan dengan aturan yang berlaku di
masing-masing mesin pencari dalam menampilkan judul.
b. Daftarkan kembali website ke semua mesin pencari. Kita dapat
mendaftarkan kembali website ke semua mesin pencari, seperti Google,
Yahoo, MSN, dan lain sebagainya. Setiap kali mesin pencari mendata
kata kunci yang kita pilih, maka secara otomatis website kita pun ikut naik
peringkatnya dalam list pencarian.
c. Link Exchange. Program ini bertujuan untuk saling bertukar link dengan
website lain yang berhubungan dengan bisnis kita. Perhatikan link yang
tidak relevan, karena dapat mengganggu website kita dan beresiko ditolak
oleh mesin pencari.
d. Pengawasan dan optimalisasi ulang. Sering-seringlah memeriksa posisi
website di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci pilihan.
e. Perhatikan isi website. Usahakan menambahkan isi SEO secukupnya
dan artikel yang sesuai dengan tema utama website. Selain itu konten
harus berkualitas dan selalu diperbaharui.

SEO on page
SEO on page adalah segala bentuk teknik optimasi mesin pencari yang
dilakukan pada blog atau website yang dimaksud. Adapun cara optimasi
SEO on page yang baik dan benar adalah.

1) Optimasi SEO on page pada URL.
URL yang baik itu seharusnya berisikan
domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
Contohnya:
http://www.justicia.com/buku/komik/onepiece-episode-56.html
Jadi setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang jelas. Sayangnya
masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL yang
tidak jelas seperti di bawah ini.
http://www.contohsaja.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988
URL seperti di atas tidak mengandung kata kunci, dan benar-benar
menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage.

2) Optimasi SEO on page pada domain.
Untuk domain, jika memang Anda gunakan sebagai kata kunci maka
disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah seperti "-". Misal kata kunci
yang ingin dioptimasi adalah "tutorial toko online" maka akan lebih baik
membuat domain "http://tutorialtokoonline.com" daripada
"http://tutorial-toko-online.com".

3) Optimasi SEO on page pada judul halaman (title page).
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang anda
targetkan, karena bagaimana pun <h1> haruslah berisi kata terpenting
pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik
Dynamic Heading, di mana para pembuat blog atau web berupaya agar
halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari
<h1> sangat besar di dalam teknik on page halaman web.
Pada contoh gambar 3.8, yang dioptimasi adalah halaman artikel, yaitu
halaman yang membahas "chocolate donuts", bukan halaman utama
(homepage) yaitu "Mary's Bakery" sehingga judul halaman (page title)
pun menjadi "Judul Artikel | Judul berita".

4) Optimasi SEO on page dengan meta description.
Meta description yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena
masing-masing artikel memilik topik sendiri. Meta description ini harus
memperhatikan beberapa hal, yaitu.
a) Panjangnya maksimal 150 karakter.
b) Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali.
c) Tentu saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
5) Optimasi SEO on page pada tag judul(title tag)
Bagian ini berada pada <head>, dan kodenya adalah:
<title>Isi dari title tag</title>
Yang terpenting adalah apa saja yang dapat Anda isikan pada tag judul ini.
Harap hati-hati dalam mengisi tag judul, karena banyak praktisi SEO yang
menganggap bahwa tag judul adalah atribut on page yang terpenting.
Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini adalah mahkotanya.
Cara terbaik mengisi tag judul adalah dengan menggunakan kata kunci
dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu Anda ketahui bahwa
semakin di depan, kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi. Jadi
sebaiknya format dari isi tag judul adalah:
a) Judul artikel saja, atau
b) Judul artikel - nama blog.
Sebaiknya hindari struktur nama blog: judul artikel, kecuali blog atau web
Anda sudah punya reputasi yang sangat baik.

6) Optimasi SEO on page pada gambar.
Mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan yang lainnya belum dapat
mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu mesin pencari adalah
apa isi dari gambar tersebut. Caranya menggunakan alt tag. Ini termasuk
salah satu teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web
adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar. Jika melihat contoh
pada gambar 3.8 dengan kata kunci "chocolate donuts" maka disarankan
menyiapkan gambar dengan nama file "chocolate-donuts.jpg" dan
tentunya disertai atribut "title" dan "alt".

7) Optimasi SEO on page pada arikel atau berita
Dalam hal ini usahakan keywords density (kepadatan kata kunci) tidak
kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah meyebarkan
kata kunci tersebut dengan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.


SEO OFF PAGE


Merupakan Optimisasi SEO yang dilakukan di luar website. Dalam membangun SEO Off Page ada dua jenis tindakan. Pertama WhiteHat berarti melakukan tindakan yang aman (Natural) terhadap peraturan yang dikeluarkan Google, dan kedua BlackHat berarti menjalankan tindakan pembangunan SEO Off Page dengan cara yang cukup berbahaya bagi website kita, dikarenakan bila tidak memahami dan mengetahui dengan benar peraturan yang ada dapat membuat website terkena pinalti oleh Google. Ada berbagai cara dapat dilakukan untuk optimisasi SEO Offpage, yaitu:

1.    Social Media : merupakan media untuk membagi bermacam-macam data, salah satunya artikel atau link artikel. Biasakan untuk membagi artikel ke berbagai Social Media seperti Facebook, Twitter, Pinterest, StumbleUpon, dan lainnya agar user mengetahui website kita. Website yang selalu membagi artikelnya ke berbagai Social Media memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat memenangkan kata kunci dan pastinya lebih cepat terindex oleh Search Engine. Social Media membantu website kita menjadi lebih dikenal oleh user. Salah satu contohnya bila website kita memiliki artikel mengenai "SEO" kemudian kita membagikan artikel tersebut ke Social Media dengan tepat dan sesuai kelompoknya, maka akan mempercepat website menjalin komunikasi baik bagi kelompok "SEO" tersebut.
2.    Backlink : merupakan salah satu SEO Off Page yang berpengaruh ke tingkatan PR (Page Rank), dan peningkatan kata kunci yang diinginkan. Backlink yang akan kita bangun haruslah baik dan bukan Spamming, karena bila website kita melanggar ketentuan yang ada membuat website kita akan terkena pinalti oleh Google Search Engine (Panda - Penguin). Banyak cara membangun Backlink, seperti Pyramid, Dummy Blog, Otomatis, Social Bookmark, Edu - Gov, Web 2.0, Forum, Blog To Web (1 arah), Blog To Blog (2 arah), Blog Walking, Review, Web Directory, Submitter, Iklan, dan cara lainnya yang sesuai dengan analisa dan perhitungan yang telah dibuat. Mau tau lebih banyak mengenai Backlink? cek artikel Backlink dan Cara Membuatnya.
3.    Tools SEO Google : dalam mengembangkan Website, kita dapat memanfaatkan berbagai Tools yang diberikan Google seperti WebsmasterAnalyticsTrendsAdwords Keyword PlannerConsumer SurveysPageSpeed InsightsContent ExperimentsPlaces for BusinessAlertsTag Manager. Pelajari dan manfaatkan Tools yang diberikan oleh Google, dikarenakan akan membantu kita dalam membangun website yang Friendly SEO.
Sumber Gambar : www.InboundID.com
4.    Share Gambar : mengupload ulang gambar dari artikel terkait di website penyimpanan gambar umum, serta memberikan keterangan berupa link balik ke artikelnya. Cara ini dapat membantu  peningkatan Backlink dan jumlah pengunjung website. Cara lainnya adalah dengan memberikan Watermark link website di dalam gambar.
5.    Cara lainnya dapat kita kembangkan sendiri dari cara sebelumnya. Dalam membangun Off Page (Kata Kunci) diperlukan tujuan dan analisa yang jelas. Gunakan tools untuk dapat saling melengkapi kebutuhan dalam membangun teknik Off Page. Pastikan untuk tidak menggunakan Software berkategori BlackHat secara berlebihan. Selalu pantau perkembangan SEO Offpage dengan benar. Banyak orang secara perlahan-lahan menemukan cara mudah dalam meningkatkan kata kunci dengan menggunakan rumus yang dibuat sendiri, tetapi tetap algoritma Search Engine Google menjadi dasarnya.

Manfaat SEO secara umum pada Website

a. Meningkatkan penghasilan.
Seorang pebisnis online harus memiliki pengetahuan tentang SEO agar
dapat bersaing dengan kompetitor website yang lain, sehingga jika
konsuemn mencari selalu berada pada PageRank teratas pada halaman
SERP sebagai upaya untuk meningkatkan pengunjung. Jika pengunjung
berminat dan menyukai produk Anda, maka Anda dapat meningkatkan
penghasilan.
b. Menghemat biaya.
Dengan memiliki pengetahuan tentang SEO untuk menjual produk/jasa
maka Anda secara tidak langsung sudah mengurangi biaya pengeluaran
untuk memasang iklan, serta biaya promosi website Anda yang berbayar.
c. Mendapat visitor potensial sesuai dengan target kata kunci
Dengan adanya peran SEO maka Anda akan benar-benar mendapatkan
kunjungan trafffic lalu lintas dari visitor/pengunjung sesuai dengan kata
kunci sebagai target sasaran Anda, sehingga visitor yang berkunjung
adalah murni ingin mendapatkan informasi produk atau jasa yang Anda
jual, dengan syarat konten yang ada relevan dengan informasi yang
tertuang pada website Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2 MAKANAN KHAS MEDAN DAN TEMPAT PALING ASYIK UNTUK MENIKMATINYA Medan selalu menawarkan keistimewaan tersendiri, mulai dari tempat w...